Uncategorized

ANTARA TULUS DAN IKHLAS



Apa itu tulus? Kalau ikhlas apa? Lalu Adakah perbedaan antara keduanya? Jika anda merasa sama saja, anda salah. Tentu keduanya berbeda. Lalu apa bedanya? Tulus belum tentu ikhlas. Ikhlas juga belum tentu tulus. Ikhlas dan tulus memang berasal dari hati, tetapi hanya ikhlas yang beriringan dengan keridhoan Allah SWT, sedangkan tulus belum tentu. Sabagai salah satu contoh bentuk implementasinya yaitu, ketika hendak melaksanakan sholat subuh. Saat-saat itu setan menggoda untuk tidak mendirirkan sholat subuh. Azan berkumandang, kita mulai bimbang menentukan antara tidur dan sholat. Namun karena ketaatan dan rasa takut terhadap Allah SWT, dengan berat hati akhirnya bangun dan mendirikan sholat subuh. Nah, contoh ini merupakan salah satu contoh ikhlas tetapi tidak tulus.

Contoh kedua, melakukan sesuatu dengan tulus tetapi tidak ikhlas. Misalnya, sepasang kekasih yang melakukan hubungan seksual di luar nikah. Mereka saling menyerahkan diri mereka. Mereka tulus melakukan hal ini tetapi Allah SWT tidak ridho dengan perbuatan yang mereka lakukan itu. jadi antara tulus dan ikhas memang ada bedanya. Namun, tentu akan lebih baik lagi apabila kita melakukan sesuatu diiringi niat yang tulus serta dengan keikhlasan penuh kepada Rabb pencipta alam. 
Ikhlas membuat segala menjadi lebih berarti, sesuatu yang dianggap kecil dilakukan dengan ikhlas, dimata Allah SWT akan menjadi besar. Sesungguhnya tiada kecil dimata Allah SWT. Namun jika tiada keikhlasan di dalam hati, maka amalan yang besarpun di anggap sia-sia.

Dengan hati yang ikhlas dan tulus akan lebih membawa kita pada kebahagiaan yang tiada taranya. Melaksakan segala hal terasa lebih ringan, tiada beban sedikitpun. Ikhlas membawa kita pada keridoaan dan kecintaan Allah SWT serta kelapangan hati, sedangkan tulus membawa kita pada keluwesan hati dan ketenangan jiwa. Maka dari itu, ikhlas dan tulus saling mempengaruhi satu sama lain. Jadi, laksanakanlah segala aktifitas, baik itu dalam hal ibadah, berjihad, mencari ilmu, mencari nafkah, dan aktifitas lainnya diiringi niat yang tulus dan ikhlas. 

Hello There!!. Welcome to the one and only blog! Live in Jakarta, I'm in early twenty-something years old. I like something simple and also cute thing(s). My review is based on my experience, knowledge and opinions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.