membaca

BIJAKSANA / PINTAR :)

BIJAKSANA /  PINTAR


Ada perbedaan yang sangat mendasar antara pintar dan bijak. Orang yang bijak pasti pintar, karena kebijaksanaan adalah buah dari kepintarannya. Sebaliknya, orang yang pintar tidak selalu bijak. Orang yang pintar paham betul bagaimana memanfaatkan potensi tubuh dan akal manusia, akan tetapi hanya orang bijaklah yang paham sepenuhnya bahwa tiap manusia juga memiliki hati. Dan memang demikianlah kenyataannya.


Untuk menjadi seorang pemimpin, kebijaksanaan adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Seorang guru yang cerdas belum tentu bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Seorang pendidik baru dikatakan berhasil jika ia telah mencetak murid-murid yang secerdas dirinya atau bahkan lebih dari itu. Dalam membimbing murid-muridnya, ia tidak hanya membutuhkan bekal ilmu yang akan di-transferkan-nya, namun juga perlu memahami hati mereka.


Kita bisa menemukan banyak sekali dosen yang cerdas di bidangnya. Nama mereka dikenal oleh kalangan internasional karena keahliannya dalam suatu bidang yang menjadi spesialisasinya. Tapi apakah ia mampu mengajar dengan baik? Belum tentu.

Seorang yang bijak akan menjadi pemimpin, sedangkan seorang yang pintar hanya akan jadi pelaksana di lapangan. Seorang yang bijak akan memperoleh simpati, sedangkan seorang yang pintar hanya akan mendapatkan pengakuan. Itulah perbedaan yang menjadi jurang antara si bijak dan si pintar.

Kehadiran orang-orang pintar tidak menyelesaikan masalah. Dalam situasi tertentu, kadang-kadang hal ini malah menambah masalah baru, terutama dalam urusan IPTEK. Orang pintar pertama bilang bahwa dengan ber-organisasi kita bisa mendapatkan sesuatu yang gak bisa orang lain dapatkan. Orang pintar kedua bilang bahwa jangan mengharapkan apa yang organisasi berika buat loe, tapi pikirka apa yang loe berikan buat organisasi itu. Perdebatan akan terus memanas seandainya tidak ada orang bijak yang menyadarkan mereka bahwa kedua pendapat itu benar.

Kebanyakan orang pintar tidak mengerti apa artinya kerja tim. Mungkin mereka berpikir, merekalah yang paling bisa diandalkan. OTAK mereka lah yang paling jenius…Tapi kenyataannya, banyak pemimpin-pimimpin PINTAR, tidak pernah bisa mengerti keluhan bawahannya.

JADI, APA PILIHAN LOE, PEMIMPIN YANG PINTAR APA YANG BIJAK???

Hello There!!. Welcome to the one and only blog! Live in Jakarta, I'm in early twenty-something years old. I like something simple and also cute thing(s). My review is based on my experience, knowledge and opinions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.