Beautiesquad,  Kolaborasi,  MAKEUP,  MAKEUP,  Uncategorized

[BEAUTIESQUAD] CHINESE NEW YEAR MAKEUP COLLABORATION “BIAN LIAN”

Hi… welcome!

Seperti biasa sebulan sekali aku latihan makeup, walaupun hasilnya aneh2 :3 hehe. Kali ini ikut lagi kolobarsi yang diadakan oleh BEAUTIESQUAD dengan temanya CHINESE NEW YEAR MAKEUP COLLABORATION. Waktu pertama tau kolaborasi ini aku semangat banget. terus..

Karena banyak faktor yang tetiba mendesak jadi mungkin agak kurang maksimal konsepnya, ataupun hasilnya. Tujuanku sekedar ingin ikut memeriahkan.

Okey. let’s get  started!

Sebelah kiri : Konsep awal makeup . Sebelah kanan: ditengah makeup berubah jadi konsep bian lian.#Toodifferent! antara konsep dan eksekusi beda (banget)

CURHAT:

Sebenernya konsepku mau bikin makeup yang seperti gambar sebelah kiri, yang seperti adat tionghoa gitu rapi dan cantik mekupnya, tetapi saat mulai makeupan tiba2 nyeleneh ke konsep lain :’,  aku bikin coret2 tambahan yang inspirasinya dari bian lian (walaupun nntinya tetep gak mirip  T.T). Hasrat hati memang susah ditebak! #ea! curhatan lagi. skip!

Inspirasi makeup kali ini dari kesenian Bian lian (face changing-ubah wajah) adalah suatu seni opera (drama) Tiongkok kuno. Mungkin banyak yang belum tau,tapi aku sedikit tau karena hoby googling. Berdasarkan info yang aku google seni pertunjukan ini berasal dari  Sichuan di kota bernama Cheng Du di Provinsi Sichuan RRC. (CIMIIW)

SEJARAH BIANG LIAN:

Bian lian mulai dikenal luas dalam seni pertunjukan sekitar tahun 1920-an – 1930-an. Saat itu, seorang master bian lian bernama Kang Zilin dinobatkan sebagai “dewa” dalam opera Sichuan yang memadu teknik bian lian.

Sumber: Google Image keyword : “bian Lian”

Kisah yang terkenal dalam opera Sichuan masa itu adalah tentang “pahlawan” yang menjadi buronan. Dalam lakon tersebut, Kang Zilin harus mengubah wajah dan identitas sebanyak 9 kali dalam satu adegan. Karena sesuai cerita, ia harus biasa menyamar dan menghindar dari kejaran pasukan pemerintah. Dari sinilah teknik bian lian yang diterapkan mampu memukau penonton. Maka bian lian pun diadopsi dalam pertunjukan opera Sichuan.

WHAT I USE:

Untuk makeup kali ini. aku memakai alat seperti dibawah ini:

  1. Maybelline lip gradation red.01 (suda habis sekarang, sangkin sering dipakainya!)
  2. Maybelline V face
  3. Maybelline blushed Nudes
  4. Bedak tabur marks warna creme
  5. Eyeliner dari Catrice yang waterproof
  6. Skinfood Choco Eyebrow
  7. BB. cream dari Pixy
  8. Primer dari Maybelline
Sama seperti makeup yang biasanya. hanya saja nnti tidak memakai bulu mata.

STEP by STEP :

  1. Memakai softlens berwarna hitam.
  2. Dalam keadaan wajah bersih, gunakan primer dari maybelline, kemudian memakai bb cream dari pixy secara merata.
  3. Menggambar alis yang natural
  4. Membuat eyeliner efek mata lentik, karena tidak memakai bulu mata

    Membuat eyeliner efek mata lentik
  5. Kemudian menggambar garis2 sesuai imajinasi, seperti garis2 untuk topeng bian lian. (yah walaupun agak beda hasilnya)
  6. Pakai lipstik warna merah yang matte!
  7. Done!
Warna merah yang matte dari Maybelline gradation Top banget merahnya!

And, This is my final result

Ini dia hasilnya, untuk makup kolaborasi kali ini,  semoga menghibur dan seneng rasanya bisa ikut memeriahkan kolaborasi kali ini!

Sebelah kiri : sisi saat belum kepikiran bian lian Bagian tengah : saat sudah menggambar muka, merasa lebih happy, Bagian kanan : detail coretan. gak ada konsep apa2 asal garis aja.

Harusnya bian lian itu teknik merubah raut muka, tapi ini berubah sedikit raut mukanya yang biasa aja jadi nampak lebih happy.kan?  Untuk detail garisnya ngarang saja, yang penting suka.

Curcol: Sebenernya ingin membuat makeup yang gaya2 korea natural gitu, tetapi untuk aku makeup natural mungkin butuh waktu yang lebih lama. Kebetulan kemarin karena waktunya sedikit, dan memang lagi banyak yang harus dikerjakan, makeup seperti atas (yang gak rapi)  banyak garis2 nya seperti di atas jadi pilihanku. 

Dan ini dia hasil makeup dari teman yang juga ikut berkolaborasi bareng beautiesquad! yuk lihat makeup dari Anisa Nurranand.

Thankyou so much Beautiesquad atas kesempatan kolaborasinya! sekian postingan kali ini, sampai bertemu di post selanjutnya! bye~

Hello There!!. Welcome to the one and only blog! Live in Jakarta, I'm in early twenty-something years old. I like something simple and also cute thing(s). My review is based on my experience, knowledge and opinions.

28 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.