Beauty Review,  curhat

MENGETAHUI INGREDIENT YANG BERBAHAYA PADA PRODUK SKINCARE & KOSMETIK

Hi there! So we have met again! eh?

Sebagai penyuka kosmetik dan skincare, aku mulai berhati-hati untuk memakai skincare/ sekedar mencoba skincare. Aku berlajar untuk membaca ingredient produk, agar tidak terjadi hal yang membahayakan. Kosmetik memiliki lebih banyak bahan kimia dari pada skincare, tetapi skincare pun harus tetap di pelajari kandungan-kandungannya.

Membiasakan Membaca komposisi produk, karena produsen yang baik akan menuliskan komposisi produknya, agar konsumennya bisa mengetahui kira2 kandungan ini akan cocok di kulitnya atau tidak, terutama kandungan bahan aktif harus kita lihat dulu sebelum memutuskan membeli produk, Ingredients  yah walaupun tulisannya biasanya begitu rapat dan kecil tapi usahakan bisa membacanya (Bawa loop/zoom pakai Hp, No way.Stop Joking!) Contoh beberapa ingredients yang harus diwaspadai:

Sumber : google keyword skincare berbahaya

1. Coba produk di bagian belakang telinga (yang merupakan bagian sensitive) sebelum kita memakainya di seluruh badan/ di seluruh wajah, coba test produknya beberapa jam / sehari dulu di coba di belakang telinga kalau rasanya tetep nyaman bisa dilanjutkan pakai, (besoknya baru aku coba di wajah). Kalau muncul ruam/ gatal/ merah2, coba pertimbangkan lagi untuk memakainya diwajah, takutnya gak cocok  hmm I guess so.

2.Biasanya penulisan komposisi tidak dituliskan jelas berapa % kandungannya, tetapi urutan penulisan komposisi memiliki aturan yaitu dari urutan yang terbanyak ke paling sedikit.
Contoh :
Ingredients : Water, glycerin, mineral oil, cetearyl alcohol, Glyceryl Stearate. Polysorbate 60. Butyrospemum parkii (shea) butter. Pentylene glycol….etc (look at the picture below)

Dari urutan atas, kita bisa tau kalau kandungan WATER lebih tinggi dari pada GLYCERIN, ataupun SHEA BUTTER.

Contoh keterangan ingredients pada handcream

3.Harus tau zat kimia yang biasanya terkandung di kosmetik seperti :


PARABEN : Zat kimia yang Fungsinya sebagai pengawet, harganya sangat murah sehingga biasa digunakan untuk mengawetkan bahan-bahan alami dalam produk. (biasanya ditulis, Methylparaben, Propylparaben,butylparaben. Ethylparaben. FYI: Methylparaben dalam bentuk alaminya terkandung dalam buah bluberry, digunakan untuk antimicrobial).
*Hal-hal tentang paraben Absolutely berbahaya untuk kulit kita akan aku post, setelah mendapat referensi yang cukup.

PEWARNA: ini ada banyak sekali macamnya, apalagi untuk kosmetik seperti mascara, eyeliner, eyeshadow, seperti Pewarna K.10 (Rhodamin) dan merah K.3 biasanya digunakan sebagai zat pewarna pada kertas, textile dan tinta, zar warna ini merupakan zat Karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. (Of course kita harus hati-hati terhadap produk terutama kosmetik)

HYDROQUINONE & MERKURI (HG) : Produk bleaching, biasanya di gunakan untuk mencerahkan kulit. Hasilnya akan cepat terlihat, tapi sebisa mungkin hindari zat ini, karena efek putihnya tidak baik untuk kulitmu, apalagi digunakan jangka panjang. *You better believe it! ayo cek lagi skincarenya.

ALKOHOL/ALKANON: Digunakan untuk mencampur/ mengencerkan senyawa kimia, bisa untuk pengawet untuk menggantikan paraben.kadang dalam komposisinya dituliskan dalam bentuk lain dari alcohol, yang perlu di ingat biasanya Senyawa alcohol ditulis dengan akhiran “NOL” Seperti : etanol, panthenol..etc, untuk alcohol yang tidak digunakan sebagai pengencer, melainkan sebagai moiturzer di tulis “EMOLLIENT” yang katanya bentuknya jadi lebih “ramah”(but, I can’t say for sure).

◊  PHTHALATE: Zat kimia yang digunakan untuk melunakan plastic, seperti : Dibutyl phthalate biasanya untuk cat kuku, Diethyle phthalate biasanya terdapat pada lotion atau parfume. Kandungan ini termasuk berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pada liver.

◊  ACID/ASAM RETINOAT/ TRETINOIN/ RETIONIC ACID : Zat yang terkandung di produk kosmetik seperti : Stearic acid untuk menciptakan texture yang greasy, Sorbis Acid sebagai antimicrobial agent, Citric acid sebagai pengontrol PH dalam krim/ gel . Sedangkan ASAM RETINOAT/ TRETINOIN/ RETIONIC ACID digunakan untuk obat peeling (pengelupasan kulit) bisa menyebabkan kulit kering dan terasa terbakar. *sebaiknya hindari produk ini mengandung ini.

CILICONE : Zat yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, membuat kulit dan rambut tetep lembab, biasanya di tulis dengan akhiran “SILOXANE”, contoh nama yang sering dipakai untuk perawatan eambut adalah “Cyclopentasiolane”

COMEDOGENS/ COMEDOGENIC : biasanya terdapat pada tabir surya seperti : lanolin Alkohol, Ethylhexyl palmiitate, Sodium Laureth Sulfate, dan Kalium klorida. Kandungan ini menyebabkan masalah kulit seperti timbulnya komedo dan jerawat. Jadi harus hati-hati dalam penggunaanya.

EDTA dan TRICLOSAN/ LAURYL SULFATE : biasanya terkandung dalam facial wash atau cleanser karena membuat kulit lebih bersih dan menghilangkan kelebihan minyak tetapi kulit kering dan menimbulkan masalah kulit lain.

FRAGRANCE/ PEWANGI: pewangi buatan sebenarnya cukup berbahaya jika digunakan dalam skincare yang digunakan setiap hari, mengutip dari .avoskinbeauty.com : kurang lebih ada 3000 bahan kimia yang terkandung di dalamnya, dimana bahan2 tersebut tidak semuanya telah diteliti keamanannya. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, gatal-gatal bahkan peradangan.


Jika aku sudah cocok dengan suatu produk terutama skincare, aku biasanya akan kepo lebih jauh dengan kandungan-kandungannya, karena skincare adalah produk yang akan dipakai setiap hari dikulit kita, dan pastinya akan terserap ke tubuh dan mempengaruhi tubuh kita, entah hormone, metabolism, hati, dan lain-lain. Jadi aku mulai memeriksa kandungan skincare ku agar lebih aman memakai skincare dalam jangka waktu yang lama.

TIPS:

Dalam sebulan aku kasih waktu untuk kulit beristirahat, misal setiap weekend setiap sabtu/ minggu aku paling hanya pakai masker alami/ yang ingredients  nya mengandung banyak bahan alami that’s never mind. Kalau lg dirumah dan gak kemana-mana.

Ini sekedar sharing aja mungkin agak ribet nginget ingredient produk yang paling gampang adalah biasanya yang sudah bersertifikat BPOM dan di jual di tempat terpercaya cukup aman, Well, Ball is in your court ladies. bye~

REFERENSI :

http://health.liputan6.com/read/2359347/catat-7-bahan-berbahaya-pada-kosmetik

https://www.avoskinbeauty.com/blog/kulit-sensitif-hindari-7-bahan-kimia-ini/

Wikipedia Paraben,  Acid ,Sorbic AcidStearic AcidCitric Acid

 

Hello There!!. Welcome to the one and only blog! Live in Jakarta, I'm in early twenty-something years old. I like something simple and also cute thing(s). My review is based on my experience, knowledge and opinions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.